Menjaga Shalat Rawatib

0 Comments

Sahabat tasQ, Tidak setiap dari kita punya rumah yang luas, nyaman, dan megah. Bahkan, untuk sekadar mengontrak pun sudah susah. Tapi jangan bersedih. Tidak punya rumah bukan kehinaan dan keburukan. Itu lebih berupa ujian.

Namun jangan khawatir, ada kabar baik yang disampaikan oleh Rasulullah saw. Allah Ta’ala menjanjikan istana nan megah (lagi kekal) di surga bagi siapapun yang berani membayar maharnya. Artinya, kalau di dunia rumah kita biasa-biasa saja, atau malah tidak punya rumah, kita masih berpeluang untuk mendapatkannya di surga.

Salah satu syaratnya adalah kita istiqamah dalam menjaga shalat Rawatib 12 rakaat. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Nabi saw.

Dari Ummu Habibah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Siapa mengerjakan shalat sunnah dalam sehari-semalam sebanyak dua belas rakaat, maka karena sebab amalan tersebut, dia akan dibangun sebuah rumah di surga.” (HR Muslim)

Beliau pun bersabda, “Siapa merutinkan shalat sunnah (Rawatib) dua belas rakaat dalam sehari, niscaya Allah akan membangunkan baginya rumah di surga. Kedua belas rakaat tersebut adalah empat rakaat sebelum Zuhur, dua rakaat sesudah Zuhur, dua rakaat sesudah Maghrib, dua rakaat sesudah ‘Isya, dan dua rakaat sebelum Subuh.” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan An-Nasa’i dari ‘Aisyah ra.)

Leave a Comment

Your email address will not be published.