Obat paling Manjur

0 Comments

Sahabat tasQ, Ada empat orang tabib (dokter) ahli berkumpul di istana Raja Persia. Mereka berasal dari Irak, Romawi, India, dan Sudan.
Kepada keempat tabib kenamaan ini, sang raja meminta resep atau obat-obatan paling manjur dan tidak membawa efek samping bagi kesehatan.
Tabib asal Irak mengatakan bahwa obat yang dimaksud adalah minum air hangat tiga teguk setiap pagi ketika bangun tidur.
Tabib asal Romawi mengatakan bahwa obat tersebut adalah memakan biji rasyad (sejenis sayuran) setiap hari.
Adapun tabib asal India mengatakan bahwa obat yang tidak membawa efek samping adalah memakan tiga biji ihlijaj hitam (sejenis gandum yang tumbuh di India, Cina, dan Afghanistan) setiap hari.


Ketika tiba giliran tabib asal Sudan, dia malah diam. “Mengapa engkau diam saja?” tanya Raja.
“Wahai Tuanku, air hangat itu dapat menghilangkan lemak ginjal dan menurunkan lambung. Biji rasyad dan ihlijaj dapat mengeringkan jaringan tubuh yang lain.”
“Kalau begitu obat apa yang tidak mengandung efek samping?”
Tabib Sudan ini menjawab, “Wahai Tuanku, obat yang tidak mengandung efek samping adalah tidak makan kecuali lapar. Lalu, apabila Anda makan, angkatlah tangan sebelum Anda merasa kenyang. Jika hal tersebut Anda lakukan, Anda tidak akan terkena penyakit kecuali penyakit kematian (ajal).”
(Ar-Rahmah fil Tibb wal Hikmah, Imam As-Suyuthi)


#Ingin berlangganan Tausiyah Harian dari Team Tasdiqul Quran,
#Bagikan tulisan ini jika bermanfaat, Ajak keluarga, saudara dan sahabat terdekat, agar mendapatkan pahala kebaikan yang sama ketika orang tersebut mengamalkannya.
📲#Daftar via WhatsApp🔗https://bit.ly/Member-TN
📲#Gabung via Telegram🔗https://t.me/TN_TASQ
Semoga informasi ini bermanfaat.