Andai Belum Bisa Kaya Jadilah Orang Miskin yang Saleh. Mengapa?

Sahabat TasQ,

Siapa yang tidak ingin menjadi orang kaya? Sebagian besar manusia pasti menginginkannya. Adapun bagi orang-orang yang masih punya iman dalam hatinya, menjadi kaya saja tidak cukup. Ada yang lebih berharga selain menjadi orang kaya, yaitu menjadi orang kaya yang dekat dengan Allah. Orang kaya yang mendapatkan hartanya dari jalan halal dan menggunakan harta di jalan yang halal pula.

Namun, andai derajat tersebut belum bisa didapatkan. Dan, Allah Azza wa Jalla menakdirkan kita menjadi orang fakir atau miskin, jangan sampai derajat kesalehan itu hilang dari diri kita. Dengan kata lain, jika belum bisa kaya, jadilah orang fakir yang taat kepada Allah, menjaga izzah diri dari meminta-minta atau mengambil yang bukan hak.

Sungguh, kemiskinan semacam ini akan membawa berkah bagi kehidupan akhirat orang yang mengalaminya. Ada janji dari Rasulullah saw. kepadanya. Dari Abu Hurairah ra. bahwa Nabi saw. bersabda:

“Orang fakir (yang saleh) akan masuk surga lima ratus tahun lebih dahulu daripada orang kaya.” (HR Ahmad, No. 14476 dan At-Tirmidzi, No. 2355)

 

#Ingin berlangganan Tausiyah Harian dari Team Tasdiqul Quran,

📲HUBUNGI CHAT WA : 0812.2367.9144

📌 Informasi Link Program dan Media Sosial
📲 www.tasdiqulquran.or.id/social-media

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Tags: No tags

Comments are closed.