Ayat Al-Quran yang Disunnatkan untuk Dibaca Saat Bangun Tidur

0 Comments

Saat bangun dari tidur di malam hari, apakah yang Anda baca? Status medsos, hasil pertandingan sepakbola, atau apa? Bagi seorang Muslim, ada tuntunan yang sangat indah dari Rasulullah saw. Selain membaca doa, ada untaian ayat Al-Quran yang selayaknya kita baca saat bangun tidur, yaitu sepuluh ayat terakhir dari surat Ali Imran.

Hal ini didasarkan pada riwayat sahabat Ibnu Abbas ra. Dia pernah bermalam di rumah Maimunah ra. istri Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam yang juga bibi dari jalur ibunya.

Ibnu Abbas ra. berkata, “Maka Rasulullah tidur sampai setengah malam, atau menjelang tengah malam atau lewat sedikit, beliau bangun, lalu beliau duduk dengan mengusap wajahnya, kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir dari surat Ali ‘Imrân, kemudian beliau berwudhu dan menyempurnakannya, lalu beliau shalat malam.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam Syarh Shahih Muslim, Imam An-Nawawi berkata, “Riwayat ini menunjukkan akan sunnahnya membaca ayat-ayat tersebut (yaitu sepuluh ayat terakhir surah Ali ‘Imran) setelah bangun tidur.”