Bacaan Al-Quran : Penawar Kesedihan, Penolak Bala Bencana

0 Comments

Jangan sepelekan bacaan Al-Quran. Dia bukan sekadar pendulang pahala dan penenang jiwa, tetapi juga bisa menolak bala bencana dan aneka kesedihan.

Dikisahkan, ada seseorang mendatangi Rasulullah saw. dengan membawa anaknya. Dia lalu berkata, “Wahai Rasulullah, anakku ini suka membaca Al-Quran pada siang hari dan tidur pada malam hari.” (Orang ini mengadukan anaknya karena hanya membaca Al-Quran di siang hari saja, tidak dengan malamnya).

Apa yang dikatakan Rasulullah saw. kepada orang ini? Beliau bersabda, “Jangan bersedih. Anakmu sudah berzikir pada siang hari dan (akan mendapatkan) keselamatan pada malam hari (karena sebab bacaan Al-Qurannya).” (HR Ahmad dari Abdullah bin ‘Amr ra.)

Sahabat Hudzaifah Al-Yamani ra. mengatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Allah mengirimkan azab pada suatu kaum sebagai sebuah ketentuan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi (karena keburukan kaum tersebut).

Kemudian, salah seorang anak kecil (dari kalangan) mereka membacakan surat Alhamdulillâhi Rabbil ‘Âlamîn. Allah Ta’ala mendengarnya. Maka, Allah pun menangguhkan azab tersebut karena bacaan itu selama 40 tahun.” (At-Tafsîr Al-Kabîr, Fakhruddin Ar-Razi)