Istimewanya Surat Al-Fatihah

0 Comments

Al-Fatihah adalah surah pertama dalam mushaf Al-Quran. Surah yang berjumlah tujuh ayat ini turun di Mekkah sehingga termasuk surah Makkiyyah. Dilihat dari waktu turunnya, Al-Fatihah berada pada urutan ke-5, sesudah surah Al-Muddatstsir dan sebelum surah Al-Lahab. Namun demikian, Al-Fatihah adalah surah pertama yang diwahyukan secara utuh tanpa terpenggal-penggal.

Tidak ada keraguan di kalangan para ulama bahwa Al-Fatihah memiliki sejumlah keutamaan yang tidak dimiliki surat-surat lain. Apa sajakah itu?

Ada banyak keistimewaan surat Al-Fatihah. 7 di antaranya adalah: (1) Al-Fatihah adalah surah teragung dalam Al-Quran (HR Ibnu Hibban); (2) Al-Fatihah tidak diturunkan Allah Ta’ala kepada para nabi lain selain Rasulullah saw. (HR Al-Bukhari); (3) Al-Fatihah menjadi bacaan wajib dalam shalat. Tanpa Al-Fatihah, shalat menjadi tidak sah (HR Muslim).

Kemudian, (4) Al-Fatihah adalah cahaya sehingga Allah Ta’ala menurunkannya dengan iringan para malaikat (HR Muslim); (5) Al-Fatihah adalah obat, perlindungan, dan pengundang datangnya pertolongan Allah; (6) Al-Fatihah memiliki banyak sebutan (nama). Setiap nama memiliki satu atau sejumlah keistmewaan. Tiga di antaranya adalah Ummul Qur’ân atau Ummul Kitâb, As-Sab’ul Matsânî, dan Al-Asas; (7) Al-Fatihah menjadi pembuka bagi surah-surah lain yang ada dalam Al-Quran. Kandungannya pun merangkum keseluruhan isi dari Al-Quran (HR Al-Baihaqi)