Jangan Lupakan Tiga Puluh Ayat Ini Sebelum Tidurmu

0 Comments

Setiap surat dalam Al-Quran memiliki keistimewaannya tersendiri. Demikian pula dengan surat Al-Mulk. Dia termasuk surat yang sering dibaca oleh Nabi saw. Dalam kitab Kanzul ‘Ummâl, disebutkan sebuah hadits dari Abu Ayyub Al-Anshari bahwa Nabi saw. membacanya saat mengimami shalat Subuh.

Beliau pun mendawamkan diri untuk membacanya saat menjelang tidur malam. Sesungguhnya, Nabi saw. tidak tidur pada malam hari, kecuali beliau membaca surah Al-Mulk (HR At-Tirmidzi, Ahmad dan An-Nasa’i dari Jabir ra.)

Abdullah Mas’ud ra. pun berkata, “Siapa membaca tabârakalladzî biyadihil mulku (surah Al-Mulk) setiap malam, niscaya Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami pada masa Rasulullah saw. menamakan surat tersebut Al-Mâni’ah (benteng penghalang; kata al-mâni’ah sendiri merupakan isim fâ’il dari kata mana’a yamna’u yang berarti menghalangi). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullâh. Siapa membacanya setiap malam, niscaya dia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR Al-Hakim dan An-Nasa’i)