Mengajari Anak Mendoakan Orang Lain

Sahabat RSQ,

Seperti biasa, pada sepertiga malam terakhir, Sayyidah Fatimah (putri kesayangan Rasulullah saw.) senantiasa melaksanakan shalat Tahajud di rumahnya. Terkadang, dia menghabiskan malamnya dengan Qiyamullail dan doa. Hasan bin Ali ra. putranya, seringkali mendengar munajat sang bunda.

Suatu pagi, ketika Sayyidah Fatimah selesai berdoa, Hasan kecil bertanya, “Bunda, dari tadi aku mendengarkan doamu tetapi tak satu pun doa yang kau panjatkan untuk dirimu sendiri?”

Fatimah menjawab dengan lembut, “Nak, doakan dulu tetanggamu, karena ketika para malaikat mendengarkanmu mendoakan tetanggamu, niscaya mereka akan mendoakanmu. Adakah yang lebih baik dari doanya para malaikat yang dekat dengan Allah, Rabb kita?”

Maka, ada satu nasihat dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Beliau berkata, “Mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan yang didoakan menunjukkan jujurnya keimanan seseorang. Hal ini dikarenakan Nabi saw. bersabda, ‘Tidaklah sempurna keimanan kalian sampai dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri’.” (Syarah Riyadhus Shalihin, 6:54)

#Ingin berlangganan Tausiyah Harian dari Team Tasdiqul Quran,

📲HUBUNGI CHAT WA : 0812.2367.9144

📌 Informasi Link Program dan Media Sosial
📲 www.tasdiqulquran.or.id/social-media

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Tags: No tags

Comments are closed.