Peninggi Derajat di Surga

0 Comments

Jangan sepelekan amal ibadah di hadapan Allah Azza wa Jalla sekecil dan sesederhana apapun. Karena boleh jadi, kesungguhan, keikhlasan dan keistiqamahan seseorang kala menunaikannya tidak hanya menjadi wasilah yang akan memasukkannya ke dalam surga. Akan tetapi, akan meninggikan pula derajatnya di sana.

Ubaid bin Khalid As-Silmi ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ pernah mempersaudarakan dua orang lelaki. Kemudian, salah satunya meninggal karena terbunuh dan yang satunya lagi meninggal pada Jumat berikutnya atau sekitaran waktu itu (meninggal sepekan kemudian). Maka, para sahabat menshalatkannya.

Rasulullah ﷺ lalu bertanya, “Apa yang kalian baca (untuk kedua orang itu)?” Para sahabat menjawab, “Kami berdoa untuknya. Dan, kami membaca, ‘Ya Allah, ampunilah dia dan pertemukanlah dia dengan saudaranya’.”

Beliau kemudian bertanya lagi, “Manakah di antara kedua orang itu yang paling bagus shalatnya, puasanya, dan amal-amalnya? Sungguh, perbedaan di antara keduanya bagaikan jarak antara langit dan bumi” … (HR Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa’i dan Ath-Thayalisi)